[Review] Appwrite Alternatif Firebase Gratis


Kembali lagi dengan postingan sebelumnya yaitu Appwrite - Backend sebagai Layanan, kali ini saya telah mencoba menggunakan perangkat lunak ini dan akan memberikan ulasannya. Dari alur pembuatan aplikasi di appwrite sama banget seperti penggunaan cloud firebase. Dari membuat sebuah projek hingga menambahkan platform dan tampilan dashboard dengan status request yang digunakan per bulan seperti gambar dibawah ini.

Halaman pembuatan projek
Halaman dashboard

Kemudian ada juga pengaturan projek untuk melakukan custom domain atau merubah logo projek seperti gambar dibawah.



Lalu ada pula manajemen akun yang bisa dilakukan sama seperti firebase baik itu based email account atau menggunakan autentikasi OAuth2 Providers.



Untuk sekarang appwrite hanya bisa diimplementasikan hanya dengan web based atau flutter, untuk aplikasi mobile native baik itu iOS atau Android masih dalam perkembangan. Mungkin untuk sekarang bukan saat nya untuk berpindah dulu dari firebase ke teknologi yang baru ini tapi untuk sebuah alternatif yang mungkin di masa depan akan lebih bagus dan lebih menurunkan harga dari produksi.

Bagi kalian yang mau mencoba dan mempunyai masalah terkait Appwrite bisa ditanyakan disini atau apabila kalian bisa berbahasa inggris mungkin lebih enak dan lebih cepat di response menggunakan channel discord Appwrite.
Reactions

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Thanks for sharing this information is useful for us, also I read an article on the same theme https://cgifurniture.com

    BalasHapus

Ketika kalian berkomentar diharapkan menggunakan akun Gmail agar mendapatkan notifikasi balasan komentar secara langsung.