[Review] Scroll of Onmyoji : Sakura & Sword Mobile Game


Hai, semuanya kali ini saya akan berbagi tentang sebuah permainan mobile yang cukup seru menurut saya. Game ini bernama Scroll of Onmyoji : Sakura & Sword yang dibuat oleh eyougame, sebenarnya game ini adalah versi bahasa indonesia nya. Jadi menargetkan hanya pemain-pemain indonesia. Untuk yang internasional nama game nya yaitu Yokai Tamer. Jadi kalian bebas mau pake versi mana sama saja. Game ini termasuk dalam kategori MMORPG (Massive Multiplayer Online Role Playing Game). Cuman ada beberapa plus dan minus dari kedua itu nanti saya bahas dibawah.

Nah, kenapa saya berbagi tentang game yang satu ini itu karena salah satunya yaitu tentunya saya lagi bermain game ini. Selain dari saya main game ini, ada 5 hal yang suka dari game ini itu adalah :

1. Pemain-pemain nya ramah, meskipun selalu ada beberapa drama ketika di mode PvP. Meskipun memang itu tempatnya PvP di game ini kita saling berbagi untuk mendapatkan drop-an bos. Baik itu pake mode damai untuk bantuin temen atau orang lain. Ataupun kita bantuin temen kita yang kena PK (Player Kill) orang. Yah serulah untuk saya pemain game yang suka damai :).

2. Event nya disesuaikan dengan waktu indonesia yaitu GMT+7 jadi rata-rata kita selalu main di waktu yang sudah santai, jadi bagi kalian yang udah kerja terus stress bisa kalian luapkan dengan rileks dengan game ini.

3. Desain game nya seperti anime dengan latar cerita tentang youkai atau hantu jepang dan menurut saya karena saya penyuka anime saya tentu suka dengan desain dan cerita game seperti ini.

4. Adanya fitur offline bot, bagi saya yang kerja fitur ini lumayan enak karena saya bisa sambil kerja dan exp (experience) yang didapat tidak ketinggalan dari pemain yang sudah lama main.

5. Cross Server fitur ini ada ngobrol buat beda server atau ada event yang main nya bareng dengan server lain. Jadi meskipun server sekarang sepi kita masih punya teman untuk ngobrol dengan teman di server lain.

Nah, biasanya orang-orang pasti bertanya ini game pay-to-win ga? Jawabannya IYA. Dengan jaman sekarang itu semua harus ada bayaran, tak mungkin gratis kecuali ini game punya temen mu. Dan mungkin kalau orang yang bikin game sudah terlalu banyak duit dan ga peduli dengan namanya TOP-UP mungkin bisa saja. 

Bagi kalian yang free player mungkin akan menyebutkan bahwa game nya ga seru kalau pay-to-win atau sebagainya. Ini adalah preferensi masing-masing jadi jangan dulu mencemooh karena dalam membuat sebuah game itu ada pekerja yang harus dibayar dan untuk membuat sebuah game ada asset (Gambar, model, server, dll) yang tetap harus dibayar kalau kalian perlu tahu.

Kebagian yang kurang tidak mengenakan dari game ini adalah :

1. Ini sebenarnya beberapa keluhan dari pemain lain di forum diskusi fb nya, ada yang mengatakan bahwa layanan bantuan nya kurang memuaskan. Dimana pernah ada yang main pas deket waktu maintenance dan beberapa item yang didapatkan hilang, dan ketika dilapor kurang dapet jawaban yang enak buat konsumen atau pemainnya. Tapi menurut saya ya memang ketika deket waktu maintenance sih jangan main karena dari pihak eyougame juga sudah memberi pengumuman sebelumnya.

2. Ini ada beberapa kasus dimana pihak eyougame kebobolan untuk sistem TOP-UP nya jadi ada beberapa pemain juga yang menjual giok merah (currency di dalam game 2 giok merah dari top-up dan giok hijau gratis bisa didapetin pas main game) secara ilegal secara murah dan pihak eyougame belum dapat menutup celah tersebut. Yang bisa dilakukan eyougame untuk sekarang hanya dengan mem-banned pemain yang menggunakan top-up ilegal saja.

Nah buat perbedaan antara game internasional sama versi indonesia yaitu :
1. Versi internasional banyak banget event gratisan baik itu login 7x atau pun sebagainya hanya saja top-up di versi ini lebih mahal ketimbang versi indonesia.
2. Versi indonesia event nya sama banyak hanya saja lebih prefer ke orang yang berduit meskipun top-up rate nya itu murah dengan harga indonesia. Yap saya tergiur dengan murah dan tidak bisa menghentikannya jadi selalu top-up.

Mungkin kalau ada yang kurang dari ulasan nya bisa ditambahkan di komentar.

Untuk kalian yang main atau mau main bareng meskipun kita beda server bisa kenalan dengan saya dengan di versi indonesia IGN : L-Hiro竜二.


Reactions

Posting Komentar

1 Komentar

  1. I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don't know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often. 야마토

    BalasHapus

Ketika kalian berkomentar diharapkan menggunakan akun Gmail agar mendapatkan notifikasi balasan komentar secara langsung.