BNI Mobile Banking Gagal Mengirimkan Pesan SMS


Selamat pagi, dikesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang ketika mendaftar BNI Mobile Banking. Tiga hari yang lalu saya berniat untuk membuat sebuah tabungan baru di BNI untuk urusan bisnis, kemudian pada saat itu ditawarkan dengan 2 tipe tabungan yaitu BNI Taplus dan BNI Taplus Muda. Perbedaannya hanya pada batasan penarikan, batas pendaftaran berdasarkan umur. Untuk BNI Taplus Muda hanya dibutuhkan verifikasi 17 - 25 tahun dan setoran awal yaitu seratus ribu (100rb) serta hanya mendapatkan kartu ATM juga fasilitas online sama seperti BNI Taplus. Untuk BNI Taplus tidak membutuhkan verifikasi umur (terhitung semua umur), akan tetapi anda mendapatkan buku tabungan + ATM dan fasilitas online banking dan setoran awal yaitu dua ratus lima puluh ribu (250rb).

Nah ketika saya tanyakan cara untuk aktivasi mobile banking gampang sekali, yang pertama dalam BNI Mobile Banking yang perlu diperhatikan adalah aktivasi nomor handphone yang diharuskan hanya pada slot sim 1 (diharapkan mempunyai pulsa min 5000 dan paket data). Kemudian apabila sudah terpasang download aplikasi BNI Mobile Banking kemudian buka aplikasi BNI Mobile Banking yang nantinya masuk ke bagian menu (tap pada menu pertama). Kemudian Aplikasi Mobile akan mendeteksi terlebih dahulu apakah slot sim 1 dengan nomor tersebut sudah aktivasi atau belum. Jika belum akan dipindahkan ke halaman aktivasi untuk memasukan data ID online banking kemudian nomor kartu ATM dan memilih zona kemudian klik tombol lanjut.

Masalahnya ketika mengklik tombol lanjut pada saat itu saya menemukan masalah "Gagal Mengirimkan Pesan SMS". Dan pada akhirnya saya cari di forum-forum dan blog untuk permasalahan tersebut dan yang didapatkan itu terdapat banyak poin yang menyebabkan masalah.

1. Aturan pengiriman pesan tidak diperbolehkan oleh anda (Ini ketika masuk ke halaman aktivasi ketika pertama install akan ditanyakan otorisasi untuk memperbolehkan handphone anda menerima sms dari aplikasi tersebut dan kemungkinan anda salah pencet sehingga tidak memperbolehkan aplikasi menerima SMS).

2. Koneksi Jaringan Bermasalah
3. Perangkat Tidak Mendukung
4. Server BNI Maintenance

4 masalah tersebut kemungkinan menjadi kendala, akan tetapi tidak masuk dalam kategori handphone saya ternyata. Salah satu yang menyebabkan BNI Mobile Banking di handphone saya tidak bisa menerima sms dari aplikasi tersebut dikarenakan pengaturan penerimaan sms atau telp saya selalu harus mengecek apakah mau menggunakan sim 1 atau 2 sehingga pada BNI Mobile Banking yang hanya akan selalu mengecek sim 1 dia tidak akan menerima sms karena diharuskan konfirmasi kepada pengguna untuk menggunakan sim yang akan digunakan.

Apabila ada beberapa orang yang mengalami masalah yang serupa anda hanya perlu melakukan pengaturan sms tersebut.
1. Masuk ke pengaturan
2. Tap Sim Cards / Kartu Sim
3. Pada bagian preferred Sim for pilih semuanya pada slot sim 1
4. Tutup aplikasi BNI Mobile Banking kemudian jalankan kembali
5. Lakukan aktivasi kembali dan coba kembali klik tombol lanjut

Demikian, bagi kalian yang mengalami masalah serupa semoga membantu.
Reactions

Posting Komentar

2 Komentar

Ketika kalian berkomentar diharapkan menggunakan akun Gmail agar mendapatkan notifikasi balasan komentar secara langsung.