Apa yang Terbaru di Flutter 1.20

Sebelumnya flutter telah merilis versi 1.17, sekarang sudah waktunya kita upgrade ke versi terbaru nya yaitu 1.20. Apa saja sih perubahan nya? Terdapat beberapa pengembangan yang disoroti, yaitu :

Peningkatan Performa untuk Flutter & Bahasa Dart

Dalam tim flutter, mereka mencari berbagai cara untuk mengurangi ukuran dan latensi pada aplikasi yang kita buat. Seperti penambahan Icon Font Tree Shaking, dimana fitur ini akan menghapus ikon yang tidak kita gunakan pada aplikasi, sehingga mengurangi ukuran aplikasi. Fitur ini hanya akan terjadi ketika dalam proses build dan untuk sekarang hanya terbatasi hanya pada Truetype Font, yang nantinya akan tidak akan terbatasi pada rilis selanjutnya.

Kemudian ada pula peningkatan performa dalam animasi, dimana ini adalah yang selalu dibangga-banggakan oleh flutter. Pada rilis kali ini, tim flutter membuat peningkatan performa animasi dalam pengurangan janky (lag/stuttering/freeze) pada saat inisialiasi animasi dengan fase warm-up. Dengan mengurangi 2x lipat janky yang terjadi dalam animasi, dengan Skia Shading melakukan pre-kompilasi pada bagian aplikasi kita.

Kemudian, ada juga peningkatan performa metode decoding UTF-8 yang mana sering digunakan pada seluruh dunia untuk karakter encoding. Dengan peningkatan sebesar 200% dari arsitektur pada teks berbasi bahasa inggris hingga teks cina pada arsitektur ARM terendah.

Autofill pada TextField Mobile

Adanya fitur tambahan pada textfield yaitu Autofill dimana pengguna tidak perlu lagi mengisi field/kolom yang sudah diisi tanpa harus mengetik ulang kembali, karna sudah tersimpan pada OS.

Penambahan fitur interaktif

Adanya fitur tambahan interaktif seperti drag n drop, zoom menggunakan widget baru InteractiveViewer.

Perubahan tampilan pada MaterialSlider, RangeSlider, DateTimePicker Dialog dan TimePicker Dialog



Untuk informasi lebih banyak mengenai fitur terbaru dari flutter 1.20 kalian bisa kunjungi link dibawah ini.

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar