Langkah Seorang Pemula Menjadi Freelancer

langkah pemula freelancer

Ingat pertama kali saya ingin menjadi seorang freelancer tetapi karena tidak adanya pengetahuan tentang itu niat itu pun saya urungkan. Dan sampai saat ini saya pun beralih menjadi seorang translasi bahasa inggris dan mencoba membuat sebuah artikel di blog ini. Tetapi dengan masa jaman sekarang yang kini rupiah terus tertekan oleh dollar dan hampir susah untuk makan dalam situasi seorang mahasiswa yang nge-kost. Saya pun kini mencari sebuah artikel mengenai Langkah Seorang Pemula Menjadi Freelancer di google dan menemui beberapa artikel yang mungkin memberikan informasi yang saya butuhkan ketika mencoba menjadi seorang freelancer di bidang web developer. Di artikel kali ini mungkin saya akan sedikit copas (Copy dan Paste) artikel yang saya baca kali ini, semoga dari kalian yang pemula dan berniat menjadi freelancer bisa langkah-langkah nya dibawah ini :

Pertama, disalah satu situs yang mungkin sudah terkenal yaitu lokerpedia yang berjudul Tips Singkat Menjadi Seorang Freelancer Pemula. Mempunyai beberapa tips bagi kita yang ingin menjadi seorang freelancer pemula, yaitu :

1. Menyusun Sebuah Jadwal

Salah satu tips pertama ini adalah tips yang paling logis dari yang lain, karena mungkin bila kita menjadi seseorang yang sibuk dan menjadi seseorang yang banyak job di freelancer pun jadwal adalah sesuatu yang harus terus dijadikan perhatian.

2.Memberi Diskon Agar Dibayar Tepat Waktu

Menjadi seorang freelancer terkadang tidak dibayar tepat waktu, oleh karena itu kita dapat menyiasati nya dengan memberikan diskon ketika dibayar tepat waktu.

3.Melegalkan Karya Yang Kita Buat

Selain melakukan pekerjaan dan memahami kontrak dan sebagainya. Kita juga harus mengatur karya cipta yang kita buat, kita tidak mau juga bukan kalau produk kita diakui oleh orang lain. Secara singkat nya kita juga harus tahu bagaimana kita menjual karya kita di dunia kerja saat ini.

4.Memperlakukan Klien Sebaik Mungkin

Membiasakan berkomunikasi dengan klien dan menunjukan feedback mereka sangat kita butuhkan. Karena kita tahu bahwa klien yang memakai produk kita pun seperti sebuah iklan gratis yang bisa menawarkan ke teman/perusahaan mereka.

Kemudian setelah membaca beberapa tips diatas sekarang kita mengetahui bagaimana menjadi seorang freelancer, lalu bagaimana kita bekerja sebagai freelancer pemula?. Disini saya mendapatkan beberapa referensi dari sebuah situs sribulancer.com yang berjudul 5 Tips untuk Kerja Freelancer Yang Harus Anda Ketahui. 5 Tips tersebut kita akan baca di artikel dibawah ini :

1. Mencari klien yang menawarkan pekerjaan dengan sistem yang jelas

Hal pertama ini diharuskan kita mengerti apa sih sebenarnya yang klien inginkan. Contoh, jika seorang klien meminta donat kemudian dia menjelaskan secara tidak jelas seperti yang pakai tepung ada coklat. Tentunya kita pun tidak tahu apa yang dibicarakan klien, semoga saja contoh seperti ini tidak ada karena akan membuat kita juga menjadi bingung.

2.Jangan menjadi seorang yang pemilih

Kalimat diatas dimaksudkan adalah kita sebagai seorang pencari klien jangan memilih klien yang tidak ada hubungan nya dengan bidang yang kita kuasai. Contoh nya saya seorang IT Programmer dan saya mencari klien seorang koki dan disuruh membuat sebuah resep baru masakan dan memasaknya.

3.Memberikan harga yang fleksibel

Kita sebagai freelancer harus mematok harga yang sesuai dengan permintaan klien. Dan biasanya tarif normal selalu tersedia di internet. Dan juga jangan lupa untuk mengecek kembali job description dan gunakan sebagai acuan tarif harga.

4.Tidak mudah menyerah

Biasanya ini yang sangat susah bagi kita yaitu mudah menyerah apabila sudah bosan, termasuk seperti saya T_T. Tetapi itu bisa diatasi bila kita sudah mempunyai jadwal yang sudah disusun secara rapi sehingga kita tidak repot/bosan dan mengetahui kinerja kita berapa jam untuk bekerja.

 

Semoga 2 artikel sangat bermanfaat bagi kita, baik yang ingin menjadi seorang freelancer pemula maupun tidak.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar