Belajar Tentang Single Sign-On Active Directory

SSO Office 365

Alhamdulillah, semester 5 kini sudah selesai dan kini masuk ke semester 6 dengan membawa penjurusan KK TI. Di pagi kali ini saya akan berbagi tentang sebuah pengetahuan tentang SSO AD (Single Sign-On Active Directory), ini adalah sebuah topik untuk KP saya dan yang akan saya lanjutkan ke TA. Tapi disini saya hanya akan menjelaskan tentang apa sih itu SSO AD?

Single Sign-On adalah sebuah teknologi yang mengizinkan pengguna ketika mengakses internet/sumber daya dalam jaringan hanya menggunakan satu akun saja atau bisa dikatakan kita hanya akan melakukan satu kali login dan tidak akan diminta lagi untuk login untuk melakukan akses pada sebuah sistem aplikasi.

Contoh 1:
Ketika kita terkoneksi ke jaringan internet dan login ke Google, secara sistem Google terus meredirect halaman nya untuk menerapkan session agar ketika kita mengakses aplikasi google lainnya kita tidak perlu untuk login lagi dan mengetikan password.

Kemudian Single Sign-On Active Directory itu apa sih bedanya?
Sebenarnya konsepnya itu sama, yaitu untuk mengakses suatu sistem aplikasi dengan hanya sekali login, akan tetapi SSO AD penggunaannya menggunakan sebuah akun Sistem Operasi yang digunakan.

Contoh 1:
Ketika kita mengakses akun komputer kemudian masuk ke jaringan sebuah perusahaan/universitas, dan kita sebagai seorang pekerja/mahasiswa disana kemudian ketika kita akan melakukan akses ke sebuah aplikasi website tersebut kita masuk dengan tanpa adanya permintaan login atau apapun.

Contoh 2:
Ketika kita mengakses akun komputer/laptop sendiri kemudian masuk ke jaringan sebuah perusahaan/universitas dan kita itu disana hanya sebagai pengunjung yang hanya menginginkan internet gratis ketika kita akan mencoba mengakses aplikasi website mereka kita akan diminta login atau menampilkan error bahwa kita tidak dapat mengakses situs tersebut.

Contoh 3:
Kita mengakses komputer/laptop kemudian kemudian kita masuk ke jaringan internet dan membuka aplikasi Office 2010, atau lebih. Biasanya diatas kanannya itu terdapat tulisan Sign In dan ketika mengklik link atau tombol tersebut langsung muncul icon gambar yang sama dengan akun pada Akun Microsoft.

Kenapa bisa begitu?
Konsep SSO AD adalah sebuah konsep untuk mengecek otoritas dari domain dan user pengguna pada komputer. Ketika melakukan akses jaringan workgroup dan kita mengakses aplikasi akan dilakukan pengecekan apakah group atau nama pengguna komputer tersebut sama dengan yang terdapat pada server. Jika tidak lakukan pengalihan halaman atau masukan login dengan akun aplikasi, dll.

Nah dengan konsep SSO AD biasanya digunakan untuk koneksi intranet atau hanya bisa diakses sekitar institusi tersebut saja. Contoh : Perusahaan, Universitas, dan lain-lain.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar